Ramah Tamah Antar Mahasiswa Baru dan Pascasarjana UIM

MADINAH, 9 November 2017 – Departemen Pendidikan dan Dakwah PPMI Madinah menggelar acara ta’aruf dan silah ukhuwwah antara mahasiswa baru dengan mahasiswa pascasarjana Universitas Islam Madinah, pada Kamis, 9 November 2017. Acara yang berlangsung di Istirohah Taiba Land Park itu bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa baru dengan para mahasiswa di jenjang pascasarjana, sehingga mereka bisa bertanya jika menghadapi kesulitan dalam belajar atau masalah lain.

Acara yang dihadiri sekitar 300 mahasiswa dari berbagai fakultas dan jenjang pendidikan itu dibuka oleh Mumuh Mukhtaruddin selaku MC, dilanjutkan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Mufti Ali Hafizh.

Dalam acara tersebut, PPMI Madinah menghadirkan Syaikh Fahad Al-‘anazy selaku tamu kehormatan untuk menyampaikan nasehat bagi mahasiswa baru. Dalam ceramahnya, Syaikh Fahad menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi mahasiswa baru, antara lain: niat yang ikhlas dalam menuntut ilmu; sabar dalam belajar, menuntut ilmu secara bertahap; belajar jangan hanya terbatas di kampus; saling menasehati sesama teman; menjadi seorang teladan; mempelajari keadaan objek dakwah; dan hendaknya seorang mahasiswa tidak menunda-nunda waktu belajar.

Acara dilanjutkan dengan sepatah kata dari Asatidz Dirosat Ulya yang diwakili oleh Ustadz Dr. Musyaffa Ad-Dariny, Lc. MA. Beliau menceritakan kenangan awal kedatangan hingga belasan tahun tinggal di Madinah. Doktor Ushul fiqih itu mengingatkan bahwa akan ada banyak godaan yang menggangu konsentrasi belajar di Madinah, dan hendaknya kita tidak terlena.

Selanjutnya acara sambutan Ketua PPMI Madinah, Muhammad Sidqi Abdurrahman. Lalu perkenalan singkat mahasiswa pascasarjana yang dipimpin oleh Ustadz Iqbal Gunawan, Lc. MA. Kemudian sambutan Ustadz Adam Nur Fiqri selaku ketua panitia penyambutan mahasiswa baru.

Nasehat untuk mahasiwa baru dari mahasiswa pascasarjana diwakili Ustadz Emha Hasan Ayatullah, Lc. MA. Beliau menyampaikan kiat belajar yang baik, kiat menghafal, membaca kitab, dan menghadiri majelis ilmu. Dalam acara itu Ustadz Ariful Bahri, Lc. MA juga turut menyampaikan pertimbangan bagi mahasiswa baru untuk menjadi muntazhim atau mustami.

Tak lupa PPMI Madinah juga menyampaikan tentang kiat sehat di tanah Arab yang disampaikan oleh Imam Syuhada dan Jundi Al-Mahy dari Departemen Sosial dan Kesehatan PPMI Madinah. Perkenalan PPMI Madinah disampaikan oleh Affan Hamzah. Harapan PPMI Madinah kepada mahasiswa baru diwakili oleh Said Ibrohim, serta presentasi acara tahunan PEKILO (Pekan Ilmiah dan Olahraga) disampaikan oleh Azhar Adrian, yang rencananya akan berlangsung pada liburan musim dingin mendatang.

Acara diakhiri dengan makan malam bersama serta dilanjutkan beberapa kegiatan santai melalui pertandingan futsal, berenang dan ramah tamah antar mahasiswa baru dan PPMI Madinah.**

 

Penulis: Bilal

PPMI Madinah

Editor: Kartika Restu Susilo

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: