Jalan-Jalan ke Petra, the Rose City

Traveling? Ke Jordan aja yuk!

Buat kalian yang hobi atau ingin memperbanyak piknik agar tidak stress di rumah aja, apa lagi kalau masih muda dan punya jiwa petualang, Jordan cocok untuk kalian kunjungi. Alasannya dan yang paling utama yaitu Jordan adalah situs bersejarah yang cocok banget dijadikan tujuan kamu selanjutnya.

Petra The Rose City, atau bisa diartikan sebagai Kota Mawar Merah karena kondisi bebatuan yang ada di Petra berwana kemerah-merahan. Petra sendiri berarti ‘batu’ dan sangat terkenal dengan bangunan arsitektur yang dipahat serta sistem pengairan yang sangat kompleks dan sangat maju. Terdapat bilik air dan terowongan yang menyalurkan air bersih ke kota, sehingga mencegah banjir mendadak. Mereka juga memiliki teknologi hidraulik untuk mengangkat air. Selain itu juga terdapat sebuah theater yang mampu menampung 4.000 orang. Lebih kerennya lagi, situs bersejarah ini termasuk sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

Petra, salah satu dari tujuh keajaiban dunia

Petra merupakan kota dari kerajaan Nabatean yang diperkirakan berdiri awal tahun 312 Sebelum Masehi. Kota tersebut adalah kota yang sulit ditembus oleh musuh dan aman dari bencana alam seperti badai pasir. Pada awalnya Petra dibangun untuk tujuan pertahanan, namun belakangan kota ini dipadati puluhan ribu warga sehingga berkembang menjadi kota perdagangan karena terletak di jalur distribusi barang antara Eropa dan Timur Tengah. Kota Mawar Merah tersebut terletak di selatan Jordan dan dapat ditempuh dengan mobil selama tiga jam.

Berminat ingin pergi ke Petra? Ada informasi yang perlu kalian perhatikan. Pertama, karena Petra tidak dekat dari kota Amman, maka kalian butuh alat transportasi yang bisa digunakan seperti sewa mobil jika kalian berkelompok. Kalian juga bisa naik bus atau buat agenda dengan travel agent yang ada di Jordan. Kedua, biaya masuk ke Petra itu sekitar 70 dollar.

 

Suasana di sekitar Petra

Ketiga, kalian diharuskan berangkat pagi-pagi dari Amman agar dapat menikmati pemandangan Petra lebih jelas dan lebih asik. Jika kalian berangkat siang maka kalian tidak akan dapat menjelajah seluk beluk petra secara menyeluruh karena waktu keburu sore. Setiba di tempat kalian diharuskan jalan kaki dari gerbang utama hingga Petra dan balik lagi. Total perjalanan sepanjang 8 km. Jika kalian tidak kuat jalan kaki maka dari penduduk setempat ada yang menyewakan unta seharga 20 dollar. Siapkan stamina dan bawalah sepatu yang layak untuk perjalanan, jangan lupa juga bawa air. Jika kalian tidak ingin melewatkan momen-momen indah di situs bersejarah tersebut, kalian dapat membawa kamera untuk sekedar foto-foto atau membuat vlog. Oh ya, untuk hotel kalian dapat mem-booking- nya di Amman atau lewat http://www.expedia.com/Hotels/Amman. Harga hotel bervariasi sesuai kualitas hotel yang kalian booking. Sedangkan untuk sewa mobil, ketika tiba di bandara kamu bisa menyewanya di car rental yang ada di airport.

Penyewaan unta di sekitar Petra

Untuk makanan hampir semua tempat makan yang ada di Amman menyediakan makanan khas Jordan. Tinggal bilang saja saya mau beli mansaf. Mansaf adalah nasi dengan daging kambing yang disiram dengan susu/yogurt.

Sebelum aku menutup tulisan ini aku ingin mengutip satu puisi oleh John William Burgon tentang Petra yang memenangkan The Newdigate Prize di tahun 1845:

“It seems no work of Man’s creative hand, by labour wrought as wavering fancy planned. But from the rock as if by magic grown, eternal, silent, beautiful, alone! Not virgin-white like that old Doric shrine, where erst Athena held her rites divine; Not saintly-grey, like many a minster fane, that crowns the hill and consecrates the plain; But rose-red as if the blush of dawn, that first beheld them were not yet withdrawn; The hues of youth upon a brow of woe, which Man deemed old two thousand years ago, Match me such marvel save in Eastern clime, a rose-red city half as old as time.”

 

Contact KBRI Amman (+962-6) 5926908, 5926914.
Staff Satgas Perlindungan & Pelayanan WNI: Ahmad Gunawan (0779331797)
Contact HPMI Yordania : Presiden HPMI Usamah Lutfi (+962 775226135)

 

 

Profil Penulis:
Ade Imam Surya adalah seorang mahasiswa S1 University of Jordan, yang menjabat sebagai Divisi Hubungan Masyarakat HPMI Yordania 2017. Kunjugi Youtube Channel-nya di: https://www.youtube.com/channel/UCOdoLxke41GfSvLYWjgFpvw

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: